Sunday, 12 November 2017

Pengertian dan fungsi PO BOX

Pengertian dan fungsi PO BOX PO BOX Pengertian PO BOX Cara Sewa PO BOX Cara menulis alamat yang benar : Nama Penerima yang sesuai Kartu Identitas
Pengertian dan fungsi PO BOX (Canada Post)


PO BOX

Bagi generasi 1970-an atau 1980-an tak sulit mengingat PO BOX. Pada masanya, mereka yang baru lulus sekolah dan tengah mencari kerja sudah tentu mengingat iklan-iklan lowongan kerja di suratkabar. Pada bagian akhir iklan biasanya dicantumkan alamat pengiriman surat-surat lamaran, bukan alamat lengkap dari perusahaan atau instansi tapi sebuah PO BOX menjadi sarana favorit perusahaan untuk menerima surat-surat lamaran kerja atau surat lainnya terutama bila jumlah surat itu diperkirakan ,melimpah.

Bagi perusahaan atau individual yang tidak memiliki alamat tetap tentu dengan memiliki Po Box akan sangat mempermudah proses surat menyurati. Walaupun mereka tidak ada alamat tetap di mana kantor berada namun mereka memiliki alamat tetap untuk penyuratan yaitu Po Box yang ada di kantor pos.

Meminimalis surat tersasar atau hilang. Po Box tersebut ada di kantor pos sehingga ketika surat sampai di kantor pos, Pak Pos akan langsung menyortir dan memasukan ke dalam kotak kita. Bila tidak Po Box, biasanya surat atau paket yang sudah sampai akan disortir, disimpan dan dibagikan ke Pak Pos yang bertaggung jawab pada area dimana surat tersebut ditujukan. Jadi dengan adanya Po Box, proses panjang yang bisa dilalui diperpendek sehingga meminimalis surat atau paket hilang. Lagipula setiap orang di daerah tersebut memiliki Po Box yang berbeda-beda sehigga tidak akan tertukar.

Pengertian PO BOX

PO BOX adalah kependekan untuk Post Office Box. Post office box adalah laci lemari surat yang terdapat di Kantor Pos. Daripada menyembutnya laci, banyak orang yang menyebutnya dengan kata kotak pos. biasanya setiap kotak ini memiliki nomor dan kunci masing-masing sehingga tidak sembarangan orang bisa membukanya. Kuncinya hanya diberikan kepada penyewa. Dengan adanya Po Box, pengiriman surat dari orang lain bukan dikirimkan ke rumah atau perusahaan namun di masukan ke dalam kotak yang disewa.

Cara Sewa PO BOX

Untuk menyewa PO BOX caranya cukup mudah, tentu dengan menuju kantor POS secara langsung, jangan lupa untuk membawa syarat dan ketentuannya meliputi KTP(kartu Tanda Pengenal) asli, dan pembayaran dilakukan tiap bulan. Untuk mengetahui berapa biayanya silahkan tanyakan langsung ke phak Customer Service kantor POS terdekat.

biasanya harga sewanya adalah minimal Rp 10 ribu / bulan. Di karenakan kantor – kantor pos di Indonesia hanya melayani penyewaan pertahun maka sekali sewa kita perlu mengeluarkan biaya minimal Rp 120 ribu untuk penyewaan 1 tahun. Harga sewa ini tergantung juga oleh ukuran kotak yang disewa.

Cara menulis alamat yang benar :

Kolom pengirim diletakkan pada bagian belakang surat sebelah tengah atas atau diletakkan pada bagian depan sebelah pojok kiri atas. Kolom pengirim berisi sebagai berikut :

Nama Pengirim yang sesuai Kartu Identitas

Alamat Pengirim ditulis lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, kode pos dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).Alamat penerima dibutuhkan apabila kiriman tersebut kembali ke pengirim.

Informasi No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi apabila terdapat permasalahan dikemudian hari.

Kolom penerima diletakkan pada bagian depan sebelah pojok kanan bawah. Kolom penerima berisi sebagai berikut :

Nama Penerima yang sesuai Kartu Identitas

Alamat Penerima ditulis lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).

Po. Box (kalau ada) dan Kode Pos . Dibutuhkan supaya tidak terjadi salah sortir

Informasi berupa No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi apabila alamat penerima sulit ditemukan

PO BOX juga digunakan untuk penerimaan paket, kartupos undian, dan sejenisnya. Ketika perusahaan masa kini lebih menyukai surat-surat lamaran dikirim via email maka PO BOX pun menyusut penggunaannya. Meski begitu Pos terus melakukan inovasi. Saat ini pos Indonesia tengah mengembangkan PO BOX yang tersedia di kantorpos-kantorpos sebagai Save Deposit Box (SDB). Dengan demikian, SDB selain berfungsi sebagai tempat menerima kiriman tertentu, kini bisa digunakan untuk menyimpan aneka barang berharga. Tak hanya di tempatkan di kantorpos. Dalam waktu dekat SDB juga terpasang di berbagai lokasiyang sangat khas.

Suka dengan artikel diatas silakan bagikan kepada keluarga teman sanak dan saudara anda barangkali mereka membutuhkannya