Monday, 4 September 2017

SUDAH TAHUKAH ANDA Penyebab sering kencing saat cuaca dingin

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda perlu buang air kecil lebih sering di musim dingin, atau saat berada di ruangan yang benar-benar dingin ataupun saat cuaca sedang hujan dan suhu di ruangan sekitar menjadi dingin? Hal ini terjadi karena adanya fenomena normal yang disebut cold diuresis.
Penyebab sering kencing saat cuaca dingin

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda perlu buang air kecil lebih sering di musim dingin, atau saat berada di ruangan yang benar-benar dingin ataupun saat cuaca sedang hujan dan suhu di ruangan sekitar menjadi dingin? Hal ini terjadi karena adanya fenomena normal yang disebut cold diuresis.


Saat suasana di sekitar dalam keadaan dingin mungkin anda bisa buang air kecil lebih sering dari biasanya, bolak-balik kamar kecil lebih sering tapi ini tidak akan terjadi, jika suhu tubuh anda dalam keadaan hangat seperti anda bekerja dalam suhu ruangan yang hangat atau anda melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan keringat seperti berolah raga atau melakukan pekerjaan berat seperti kuli bangunan ataupun pekerja keras lainnya.




  • Diuresis dingin


Dalam cuaca dingin, tubuh Anda mencoba menjaga daerah intim Anda agar tetap hangat dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kulit. Proses ini disebut vasokonstriksi. Hal ini diperlukan karena panas dari kulit hilang dan berpindah ke lingkungan, sehingga tubuh Anda mencoba mengurangi aliran darah ke ekstremitas Anda, terutama jari tangan dan jari kaki.

Pembuluh darah yang terbatas menyebabkan tekanan darah Anda meningkat, karena jumlah darah yang sama memiliki sedikit ruang untuk mengalir. Untuk mengatur tekanan darah Anda, ginjal Anda menyaring beberapa kelebihan cairan dari darah Anda, untuk mengurangi volumenya.

Saat kandung kemih Anda terisi cairan berlebih, Anda merasakan dorongan untuk buang air kecil. Kandung kemih penuh adalah cara lain agar tubuh Anda kehilangan panas, jadi kencing segera membantu menjaga kehangatan daerah intim Anda.



  • Kebalikannya terjadi di musim panas


Seluruh proses ini berbalik pada musim panas, dan dikenal sebagai vasodilatasi. Tubuh Anda mencoba untuk mendinginkan diri dengan mengusir panas melalui kulit Anda, dalam proses yang terlalu kita kenal: berkeringat. Saat suhu eksternal naik, pembuluh darah Anda membesar, sehingga aliran darah Anda meningkat. Saat darah Anda bersentuhan dengan permukaan kulit Anda, kelebihan air dari darah Anda menguap, mendinginkan kulit Anda.

  • Faktor yang mempengaruhi proses ini



Tidak ada suhu tetap di mana tubuh Anda mulai mendingin atau menghangatkan diri. Pada setiap titik waktu tertentu, tubuh manusia mencoba mempertahankan homeostasis, yang merupakan keadaan dimana faktor seperti suhu, pH, nutrisi, dan lain-lain stabil.

Jadi jika Anda merasa hangat, tubuh Anda akan mencoba untuk mendinginkan diri dan jika Anda merasa kedinginan, tubuh Anda akan berusaha mempertahankan kehangatannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses ini adalah usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, diet dan olahraga, dan faktor-faktor ini berbeda dari orang ke orang.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu cara untuk mencegah diuresis dingin adalah berolahraga dalam cuaca dingin.





Semoga bermanfaat, jangan lupa share yahh......
Siapa tahu teman sanak saudara anda membutuhkan informasi ini.


Sumber : HealthMeUp

0 comments:

Post a Comment