Thursday, 24 August 2017

13 Cara ampuh mengobati sariawan


Stomatitis atau sariawan adalah inflamasi atau radang lapisan mukosa dari struktur apapun pada mulut sariawan dapat terjadi pada bibir, salah satu penyebabnya yaitu terburu-buru mengunyah makanan, seperti kondisi disaat lapar, atau ingin segera menyelesaikan makanannya.
Cara ampuh mengobati sariawan 



Stomatitis atau sariawan adalah inflamasi atau radang lapisan mukosa dari struktur apapun pada mulut sariawan dapat terjadi pada bibir, salah satu penyebabnya yaitu terburu-buru mengunyah makanan, seperti kondisi disaat lapar, atau ingin segera menyelesaikan makanannya.



Situasi seperti ini memungkinkan seseorang dapat tanpa sengaja menggigit bagian mulutnya sendiri, apakah bibir atau pipi bagian dalam sehingga terjadi luka dan radang/sariawan.








Sariawan biasanya muncul di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam. Penyebab munculnya sariawan bisa disebabkan oleh beberapa factor seperti Anda sedang stres, terkena infeksi virus, alergi terhadap makanan, terlalu banyak makan makanan pedas, minum air terlalu panas, dan kekurangan vitamin atau mineral.


Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.


Menurut pakar kesehatan ada beberapa cara yang ampuh, untuk mengatasi dan mengobati sariawan diantaranya sebagai berikut:


  • Garam


Garam juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan, yaitu dengan berkumur mengunakan larutan garam. Caranya dengan melarutkan ½ sendok garam dan setengah segelas air hangat aduk hingga garam tercampur dengan air setelah itu berkumur-kumurlah selama 5 menit. Lakukan hal berikut selama 3-4 kali sehari.


  • Rajin sikat gigi


Dengan sikat gigi sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut akan hilang dan bersih, tentunya bakteri yang menempel pada sariawan pun akan ikut terbawa. Ingat gunakan pasta gigi anti bakteri. Tapi menyikat gigi saat sariawan biasanya sangat perih karena luka yang di timbul karena sariawan, maka anda gunakan sikat gigi yang berbulu lembut.


  • Hindari makanan panas, pedas dan asam 



Mengonsumsi makanan pedas atau asam dapat menyebabkan iritasi dan sakit lebih lanjut, maka anda harus menghentikan kebiasaan itu untuk sementara sampai sariawan anda sembuh. Anda juga jangan makan makanan yang masih panas karena hal itu dapat membuat sariawan anda menjadi lebih banyak.


  • Minum air putih 


Minum banyak air putih, karena air putih dapat menetralisir racun-racun yang ada dalam tubuh selain itu bisa juga menjadi obat sariawan alami.




  • Hindari cemilan makanan dan minuman manis 


Minuman seperti kopi, soda atau makanan/minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin dapat mengikis mulut, maka saat anda sedang sariawan cobalah sementara untuk tidak mengonsumsinya agar sariawan anda cepat sembuh.


  • Jangan sentuh 


Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar. Karena mungkin dalam tangan kita terdapat bayak bakteri yang jika kita menyentuhnya akan membuat sariawan itu menjadi lebih terinfeksi.


  • Konsumsi Vitamin C dan B 


Konsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan zat besi. Karena sariawan juga bisa timbul akibat kurangnya beberapa vitamin tersebut


  • Baking Soda 


Baking soda dapat membantu membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Anda bisa menggunakan satu sendok teh baking soda yang dicampur setengah cangkir air. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik. Cobalah berkumur dan kemudian membuangnya. Ulangi dua kali dalam sehari. 


  • Daun kemangi 


Mengunyah daun kemangi tiga sampai empat kali sehari juga bisa mengobati sariawan. Karena zat-zat yang terkandung dalam daun kemangi bisa membunuh bakterti penyebab sariawan




  • Madu 


Madu dikenal karena sifat antibakterinya karena mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda hanya perlu mengoleskan madu di permukaan sariawan yang telah dicampur bersama dengan 1 sdm amla bubuk. 


  • Chamomile 


Chamomile memiliki sifat antiseptik yang bisa digunakan untuk mencuci mulut karena mencegah sariawan. Ambil segenggam bunga chamomile dan cobalah untuk menempatkannya di air. Pastikan menggunakan ini sebagai obat kumur dua kali sehari.


  • Teh


Anda bisa meletakkan kantong teh basah di atas permukaan sariawan. Teh hitam mengandung tanin yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan rasa sakit.


  • Daun ketumbar 


Ambil segenggam daun ketumbar dan pastikan untuk melumatkannya dengan benar. Setelah itu, oleskan secara merata pada sariawan. 


Silakan untuk mencoba tips-tips berikut semoga cepat sembuh ya. 


Di share ya barang kali ada teman atau saudara anda yang membutuhkan informasi ini. 


Baca juga









0 comments:

Post a Comment