Saturday, 26 August 2017

Cara ampuh atasi mengorok atau mendengkur saat tidur

Cara ampuh atasi mengorok atau mendengkur saat tidur 1.Mengubah posisi tidur 2.Mengunyah permen karet 3.Tidur yang cukup 4,Menjaga berat badan 5.Bersihkan hidung 6.Jaga kebersihan kamar
Cara ampuh atasi mengorok atau mendengkur saat tidur

Cara ampuh atasi mengorok atau mendengkur saat tidur

Menurut Wikipedia Mendengkur atau juga di sering di sebut mengorok adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Mendengkur biasa terjadi pada > 3% anak-anak dan 32% dewasa. Seiring bertambahnya usia, timbulnya dengkuran saat tidur akan makin meningkat hingga hampir 50% manusia di atas 60 tahun mengalami hal tersebut. Umumnya, dengkuran lebih banyak terjadi pada saat menghirup napas (inspirasi).

Baca juga Cara menghindari bau tak sedap pada Miss V

Timbulnya dengkuran merupakan salah satu gejala sindrom obstruktif apnea saat tidur. Pasien yang menderita sindrom tersebut akan mendengkur dengan keras terus-menerus karena mengalami henti napas saat tidur akibat jalan napas yang tersumbat. Meskipun demikian, sebagian penderita obstruktif apnea ada pula yang tidak mengalami dengkuran karena saluran udara mereka tidak beresonansi.

Hal ini terutama terjadi pada pasien yang telah melakukan prosedur bedah saluran udara bagian atas untuk memperketat jaringan lunak didaerah tersebut. Selain kecurigaan adanya obstruktif apnea, orang yang mendengkur memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit pembuluh darah.

Nah berikut di atas tadi adalah ulasan tentang pengertian mendengkur dan penyebanya, sekarang mari kita bahas cara-cara ampuh yang patut anda coba untuk mengatasi mendengkur.

Baca juga Penyebab bau pada miss V

Mengubah posisi tidur

Posisi tidur adalah pokok utama terjadinya suara dengkuran, terlebih bagi anda yang suka tidur dengan posisi telentang. Anda akan cenderung lebih sering mengorok karena pangkal lidahnya menurun hingga mendekati tenggorokan. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya dengkuran.

Maka untuk mengatasinya, anda harus mencoba dengan tidur menyamping karena dengan anda tidur menyamping, pangkal lidah pun tidak akan turun dan dengkuran pun bisa diatasi. Karena biasanya dengkuran hanya akan terdengar jika anda tidur terlentang saja.

Mengunyah permen karet

Menurut pakar kesehatan bertambahnya usia seseorang ternyata bisa mempengaruhi jaringan yang melapisi tenggorokan sehingga membuatnya lebih lembek. Kondisi ini bahkan bisa menjadi semakin parah jika kita mengalami sleep apnea.

Untuk mengatasinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah permen karet yang bebas gula selama 30 menit 2 kali dalam sehari. Hal ini akan membuat mulut, otot-otot wajah, dan rahang lebih terlatih dan menurunkan dengkuran.

Tidur yang cukup

Bagi kebanyakan orang, tidur mungkin terkesan sepele. Padahal, kita semua juga tahu kalau manfaat tidur sangat luar biasa. Dengan anda tidur yang cukup badan anda akan rileks dan tidak kelelahan maka anda di anjurkan untuk tidur yang cukup.

Jadi usahakan untuk tidur cukup, dengan durasi yang dianjurkan. Karena tidur juga tidak harus berlebihan, tidurlah 7 sampai dengan 8 jam ini akan mengurangi resiko anda untuk mendengkur.

Menjaga berat badan

Berat badan bisa juga menjadi faktor terjadinya dengkuran, karena sangat mempengaruhi seseorang untuk mendengkur. Seperti obesitas ataupun terlalu kurus. Kegemukan atau Obesitas ternyata bisa memicu penumpukan lemak pada saluran pernafasan dan akhirnya memicu dengkuran.
Maka anda harus mendapatkan kembali berat badan yang ideal, kurangi makan berlebihan perbanyak olahraga dan makan makanan bergizi, maka anda pun bisa menurunkan masalah dengkuran ini.

Bersihkan hidung

Kita bisa mendatangi dokter ahli THT untuk meminta semacam semprotan hidung yang bisa membersihkan lubang hidung dan saluran pernafasan sehingga aliran udara pun menjadi lebih lancar dan mencegah munculnya dengkuran saat anda tidur nanti.
Atau anda juga bisa membersihkannya sendiri di rumah. Caranya, bersihkan lubang hidung anda dengan air saat anda mandi bilas hingga bersih agar kotoran yang menempel pada lubang hidung hilang.

Jaga kebersihan kamar

Kamar tidur adalah tempat terakhir anda untuk beristirahat setelah melakukan berbagai macam hal kegiatan, umumnya untuk seorang yang kesehariannya sibuk tak jarang dari mereka lupa akan kebersihan kamar tidur.

Baca juga Penyebab sering kencing saat cuaca dingin

Padahal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita jika kamar tidur anda kotor dan banyak debu ini akan berpengaruh pada pernapasan anda dan memicu anda untuk mendengkur. Maka bersihkanlah kamar tidur anda sebersih mungkin agar udara yang anda hirup tidak kotor dan anda bisa tidur tanpa suara dengkuran lagi.

Nah semoga cara di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah anda. Pada umumnya semua masalah kesehatan timbul karena makanan yang kita konsumsi tidak sehat atau banyak jenis makanan yang anda konsumsi mengandung bahan pengawet maka saran saya mulai sekarang anda cobalah beralih ke pola hidup sehat.

Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat jangan lupa di share ya, barangkali ada teman sanak atau saudara anda membutuhkan informasi ini.



Baca juga:
Suka dengan artikel diatas silakan bagikan kepada keluarga teman sanak dan saudara anda barangkali mereka membutuhkannya

0 comments:

Post a Comment